Respons Sang Juara Bertahan

Kamis, 11 Juni 2015 - 10:29 WIB
Respons Sang Juara Bertahan
Respons Sang Juara Bertahan
A A A
MITSUBISHI akan membawa versi terbaru rajanya double cabin di Indonesia Mitsubishi Strada Triton. Inilah respons sang juara bertahan di tengah gempuran wajahwajah baru mobil kabin ganda.

Dua tahun belakangan ini, industri pertambangan tengah remuk redam. Uniknya di tengah penurunan tersebut, Mitsubishi Strada Triton pada tahun lalu justru mengalami peningkatan market share dari 38,5% menjadi 46,6% dengan memperoleh penjualan sebesar 6.539 unit.

Hanya Mitsubishi jangan bernapas lega dulu. Ancaman justru sudah datang pada awal tahun ini. Nissan sudah meluncurkan wajah baru Nissan Navara. Toyota Hilux tinggal menunggu waktu. Begitu juga dengan Ford Ranger yang semakin canggih. Lalu, bagaimana respons dari Mitsubishi Strada Triton? Sebenarnya mobil baru dari Strada Triton tinggal menunggu waktu saja karena mobil terbaru ini sudah diluncurkan di Thailand pada April dan di Malaysia pada akhir Mei lalu.

Jadi, untuk datang ke Indonesia memang hanya masalah waktu. Pertanyaannya, sanggupkah sang juara bertahan mengimbangi gempuran para kompetitornya? Di Malaysia, Mitsubishi Strada Triton hadir dalam 5 varian, yakni Triton VGT Adventure (AT) sebagai varian tertinggi, Triton VGT AT, Triton VGT MT, Triton MT, dan Triton Quest (4X2 MT) yang memang didedikasikan untuk kepentingan bisnis.

Banyaknya pilihan tentu jadi peluang yang baik bagi Mitsubishi memenetrasi pasar. Konsumen tinggal menyesuaikan harga dan kebutuhannya. Hanya, apakah mobil pikap kabin ganda ini mampu menyesuaikan dengan tren mobil kabin ganda yang semakin tampil stylish ? Soal desain memang sangat subjektif. Jika Anda melihat tampilan mobil ini, kecuali bagian hidung yang berubah total, mungkin Anda tetap merasa bahwa tidak ada perubahan desain yang dominan di Mitsubishi Strada Triton.

Sebenarnya ini wajar saja. Ini karena sedari awal Mitsubishi Strada Triton memang mencoba mendobrak desain kaku mobil kabin ganda yang serba- boxy . Desain yang serba-curvy inilah yang kemudian semakin diperkuat. Bagian grille mobil ini memang stand out . Boleh dikatakan sangat menonjol dengan grille yang serbakrom. Bagian grille tersebut berpadu harmonis dengan lampu LED yang juga telah dilengkapi daytime running light (DRL). Hanya perlu diketahui, semakin turun kelas variannya, maka semakin kurang kelengkapannya.

Misalnya di tipe terendah Quest, lampu LED berganti menjadi lampu biasa. Agar aura mobil di medan keras, Mitsubishi memberikan beberapa ornamen, seperti sport window visors , tube style side steps , dan wraparound taillamps . Beberapa ornamen tersebut sukses mendongkrak penampilan keras Mitsubishi Strada Triton. Beralih ke bagian ruang kabin, pihak Mitsubishi mengusung nuansa yang lebih mewah dan modern, serta dilengkapi dengan berbagai teknologi canggih di dalamnya.

Terdapat dasbor dengan streamline design baru dengan disandingkan dual zone auto air conditioner, serta disematkan pula pelapis jok dengan bahan khusus. Tidak cukup di situ saja, terpasang pula layar sentuh keren berukuran 6,1 inci dengan head unit yang dipadukan konektivitas bluetooth untuk mempermudah pemilik dalam memindah lagu maupun data dari smartphone ke audio mobil. Di balik palang kemudi, terpasang paddle shift yang cukup menggoda siapa pun yang melihatnya.

Selain itu, New Mitsubishi Strada Triton VGT Adventure 2015 memiliki voice command, cruise control, keyless entry, reverse camera, dan push start. Nah yang perlu diapresiasi di bagian interior adalah pengaturan atau konfigurasi yang manusiawi. Posisi duduk di baris pertama benarbenar seperti posisi duduk di mobilmobil biasa.

Wahyu sibarani
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1162 seconds (0.1#10.140)